Gelontorkan Rp 7,3 Triliun, Barcelona Klub Paling Royal Beli Pemain TRIBUNnews.comTRIBUNnews.com – 16 jam yang lalu

Standard

Gelontorkan Rp 7,3 Triliun, Barcelona Klub Paling Royal Beli Pemain

TRIBUNNEWS.COM – Setelah gagal meraih trofi liga Champions musim ini, Barcelona tampaknya mulai berbenah. Salah satu indikatornya adalah mereka berani merogoh kocek lebih dalam untuk pembelian pemain-pemain baru. Bahkan dibanding semua klub di Eropa, Barcelona adalah tim paling royal, yang berani menggelontorkan tambahan dana paling besar membeli pemain baru dan untuk tambahan kontrak baru.

Pada musim lalu, tim asal Spanyol itu hanya mengeluarkan biaya sebesar 194,4 juta Euro atau sekitar Rp2,5 triliun untuk membayar para pemainnya.

Tapi sekarang, seperti dilansir dailymail, Minggu (9/6/2013) lalu, mereka menggelontorkan dana 560 juta euro atau sekitar Rp7,3 triliun untuk kebutuhan pembelian atau transfer pemain. Ada peningkatan sebesar 365,6 juta euro atau Rp4,8 triliun. Angka inilah yang membuat Barca menjadi klub paling royal di Eropa dan mungkin di dunia sekarang ini.

Di posisi kedua (dilihat dari jumlah uang yang dikeluarkan) ditempati oleh Real Madrid. Tim ini pada tahun ini menggelontorkan biaya sebesar 425,5 juta Euro atau sekitar Rp5,5 triliun.

Meski menempati peringkat kedua dilihat dari besarnya duit yang mereka keluarkan, namun Real Madrid tahun ini telah melakukan penghematan. Dibanding musim sebelumnya, tim yang pernah disebut-sebut sebagai klub terkaya di dunia itu mengalami penurunan biaya untuk pembelian pemain.

Real Madrid telah berhemat 5,72 juta Euro atau sekitar Rp73,8 miliar. Tahun lalu mereka mengeluarkan dana untuk pembelian pemain sebesar 431,2 juta Euro (sekitar Rp5,6 triliun), tapi tahun ini menjadi 425,48 juta Euro atau sekitar Rp 5,5 triliun.

Sedangkan di peringkat ketiga ditempati oleh Manchester United. Tim yang juara Liga Premier itu menggelontorkan dana sebesar Rp4,6 triliun. Setelah Chelsea, klub asal Eropa yang masuk 15 besar rangkingnya dilihat dari besarnya jumlah dana yang dikeluarkan untuk pembayaran pemain adalah Manchester City (332,56 juta Euro), Bayern Muenchen (314,34 juta Euro), Arsenal (268,87 juta Euro), Juventus, Tottenham Hotspur, Liverpool, PSG, Dortmund, AC Milan, Atletico Madrid, dan Inter Milan.

Para peneliti kemudian menghitung perbedaan atau selisih antara total biaya yang mereka keluarkan untuk membayar para pemainnya di musim 2012-2013 dengan pembayaran yang mereka lakukan sekarang dengan hadirnya beberapa pemain baru. Termasuk pembayaran dan kontrak untuk pelatihnya.

Dilihat dari perbedaan biaya tersebut, urutan tim mengalami peningkatan biaya terbesar nomor satu tetap Barcelona. Ada peningkatan sebesar 365,6 juta euro atau Rp 4,8 triliun yang dikeluarkan manajemen klub Barca untuk pembelian pemain.

Di peringkat kedua, klub dengan peningkatan biaya terbesar adalah Borussia Dortmund yang mengalami peningkatan sebesar 147,84 juta Euro. Tahun lalu hanya 51,43 juta Euro, kini mereka menggelontorkan 199,26 juta Euro. (Tribunnews.com/mba)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s